Kegiatan APBD Dumai 2020 Sudah Harus Jalan. Mawardi : Lelang Jangan Tertunda

Iklan Semua Halaman

Kegiatan APBD Dumai 2020 Sudah Harus Jalan. Mawardi : Lelang Jangan Tertunda

Sabers5
16 Februari 2020
Gedung DPRD Dumai
DUMAI, SABERS5.com -- Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Dumai tidak menepis kebiasaan yang ada selama ini. Bahwa ketika hitungan bulan sudah habis, proses kegiatan pembangunan belum juga mulai. Akibatnya pelaksanaan proyek-proyek APBD pun menjadi tertunda dari waktunya.

     Menyangkut dengan pembangunan Tahun Anggaran (TA) 2020, lembaga Legislatif DPRD mendesak Pemerintah Kota (Pemko) Dumai dan Perangkat-perangkat Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD) untuk segera melakukan proses kegiatan pembangunan APBD murni 2020.
   
     Desakan ini karena rapat evaluasi  bersama legislatif dan eksekutif setelah tahapan verifikasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sudah dilakukan. Pemprov Riau melakukan verifikasi terhadap ajuan APBD TA 2020 Kota Dumai yang sebelumnya disahkan DPRD dengan besaran Rp. 1,47 triliun.

     "Sering begitu kan? (terlambat, red). Kita nggak ingin gitu sebetulnya. Maka prosesnya sudah harus jalan, tahap melaksanakan kegiatan APBD 2020 sudah harus dimulai," tegas Wakil Ketua DPRD Kota Dumai Mawardi menjawab wartawan baru-baru ini di Gedung Sekretariat DPRD Kota Dumai Jalan Tuanku Tambusai, Bagan Besar.
   
     Lebih lanjut pimpinan DPRD unsur Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini memaparkan, diwaktu rapat evaluasi, setelah APBD 2020 dikembalikan oleh Pemprov Riau, ini sudah disampaikan ke pihak eksekutif. Bahwa proses pelaksanaan kegiatan APBD murni Tahun Anggaran 2020 Kota Dumai dilakukan menyusul tahap verifikasi Pemprov Riau selesai.

     "Maka setelah rapat evaluasi APBD bersama Pemko Dumai setelah verifikasi Pemprov prosesnya sudah harus berjalan, seperti penyiapan-penyiapan dokumen sebelum pelaksanaan lelang proyek bisa dilakukan pada waktunya ," lanjut Mawardi.
   
    Adanya desakan seperti ini juga agar nantinya tahapan proses pelelangan proyek TA 2020 tidak ikut-ikut terlambat atau tertunda-tunda hanya karena keterlambatan mengawali tahapannya.  "Kita nggak ingin itu sebetulnya. Makanya,  prosesnya sudah harus berjalan," tegas Politisi PKS ini pula.

     Seperti diwartakan, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) TA 2020 Kota Dumai berjumlah Rp1, 4 triliun lebih. "Setelah APBD disahkan, dari provinsi dikembalikan dan dalam rapat evaluasi kita sudah sampaikan prosesnya itu sudah harus berjalan," tutup Mawardi. (S5)